Cara Berfikir Dewasa


Berfikir dewasa itu memang sangat di perlukan dalam kehidupan sosial kita, bahkan dalam sebuah hubungan seperti berpacaran pun juga membutuhkan sebuah pola pikir dewasa. Tapi sebelum kita belajar untuk bagaimana cara berfikir dewasa, alangkah baiknya bila kita coba ulas terlebih dahulu apa yang di maksud dengan dewasa.
Kalau menurut saya yang dimaksud dengan dewasa itu sudah bukan merupakan sebuah proses lagi, tapi memang sudah bisa memahami diri sendiri dan memahami variasi sifat-sifat dari orang lain, selain itu juga bersikap objektif dalam memandang dan juga menilai sesuatu hal, bisa mengambil keputusan yang tepat tanpa harus merugikan orang lain dan bisa menyelesaikan apa yang menjadi masalahnya dengan baik tanpa memberikan dampak sekecil apapun. Dan dari dalam dirinya sendiri juga bisa memberikan sebuah redaman rasa ego sehingga dia bisa menguasai dirinya sendiri.  Bisa menerima suatu hal yang cukup berat dengan hati yang lapang dan bisa memberikan hasil yang sebijaksanan mungkin. Sebenarnya masih ada banyak lagi penjelasannya, tapi dari arti kata diatas Anda sendiri pasti sudah bisa menerima arti kata dari dewasa.

Sebuah kedewasaan itu tidak mengenal usia, derajat, martabat, tahta atau apapun. Kita bisa melihat sebuah kedewasaan dari beberapa hal seperti cara berfikir, cara berbicara, cara bersikap, cara bertingkah laku dan juga cara menempatkan dirinya. Dari kelima unsur tersebut orang bisa belajar menjadi orang yang dewasa, tapi dalam belajar ada juga beberapa hal yang bisa menjadi sebuah hambatan, diantaranya adalah :
Diri sendiri
Diri sendiri yang masih kurang mampu memberikan sebuah niat untuk berubah menjadi dewasa maka akan memberikan dampak yang kurang baik untuk bisa lebih cepat berkembang untuk bisa berfikir dewasa.
Lingkungan dan juga Pergaulan
Lingkungan adalah sebuah hal yang juga sangat memberikan dampak cukup besar untuk perkembangan pola pikir manusia. Katakanlah bila kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka pasti akan ikut terkena wanginya dan juga sebaliknya. Oleh karena itu apabila kita terlalu berteman dengan orang yang masih bersikap main-main atau masih terlalu berkanak-kanak’an tanpa diimbangi bergaul dengan orang yang sudah bisa berfikir dewasa maka kita juga akan mendapatkan kesulitan dalam perkembangan pola pikir kita untuk menuju ke kedewasaan.
Keluarga
Dalam hal ini yang menjadi basic atau dasar dari pola pikir manusia adalah keluarga. Cara mendidik orang tua menjadi peran yang paling penting untuk membuat sebuah pola pikir dari anak. Yang pasti ini sudah terlihat umum dan Anda juga pasti sudah tahu akan hal ini.

Anda bisa menilai orang lain adalah seorang yang sudah dewasa apabila orang tersebut sudah memiliki hal seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Tapi apabila masih ada beberapa sikap seperti di bawah ini masih ada di dalam orang tersebut, maka orang tersebut belum bisa di katakan dewasa. Hal itu adalah sebagai berikut:
·         Sifat manja, karena sifat ini memang merupakan sebuah sifat mutlak yang dimiliki oleh anak kecil.
·         Egois dan ingin menang sendiri
·         Sulit untuk menerima kritikan dari orang lain meskipun Anda belum tentu benar
·         Ingin selalu di perhatikan oleh orang lain atau selalu mencari perhatian orang
·         Belum bisa menguasai dirinya sendiri dan masih termakan emosi dan rasa egois
·         Terlalu merendahkan orang lain dan tidak mau tau dengan kekurangan orang lain
·    Terlalu membanggakan akan kelebihan dirinya tanpa sadar tidak melihat kekurangan yang ada pada dirinya

Nah sekarang kita akan belajar untuk menjadi orang dewasa, caranya memang tidak mudah, tapi kita belum tahu hasilnya bila kita belum mencobanya (ditujukan untuk orang yang memang ingin menjadi orang dewasa). Cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:
1.     Ciri yang memang paling terlihat terang adalah orang tersebut belum bisa memberikan sebuah keputusan yang terbaik. Keputusan yang baik memang bisa kita dapatkan dari sebuah pengalaman, dan bila kita belum pernah mengalaminya, maka kita sering-sering share dengan orang lain yang sudah punya banyak pengalaman dan orang tersebut sudah terlihat seperti orang dewasa.
2.    Kita belajar dari diri kita sendiri, kita bisa memulai dengan memahami sifat yang ada pada diri kita sendiri. Dengan begitu kita bisa tahu apa kekurangan kita dan juga apa kelebihan yang kita miliki. Setelah kita tahu, kita bisa memperbaikinya. Selain itu kita juga bisa belajar untuk bisa menguasai diri kita dari rasa emosi dan juga ego yang ada pada diri kita. Dan cara yang paling mudah adalah dengan belajar menerima diri sendiri dengan apa adanya, dengan berfikir seperti itu kita akan memiliki perasaan yang lama kelamaan akan sedikit kalem dan akan berdampak pada sifat rendah hati.

Mungkin dari kedua hal tesebut Anda bisa menerima apa yang saya maksutkan. Dan yang terakhir Anda bisa belajar dengan lingkungan dan orang di sekitar Anda. Karena orang lainlah yang bisa menilai bagaimana keadaan Anda. Cobalah bertanya pada diri Anda seberapa penting kedewasaan itu dan sudahkah Anda ingin menjadi orang yang dewasa .... !!! belajarlah dari diri sendiri dan orang lain ...
Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda ... sekian tips cara berfikir dewasa Versi Andheem .. bila ada kritik saran silahkan komen di tempat yang sudah kami sediakan di bawah ... kritik saran Anda sangat berguna untuk saya .... Mathur nuwun ....

72 komentar

dapat di terima dengan baik.
terima kasih

I like it,, 100 % dari situ kita bisa koreksi diri sendiri dan menilai sifat tingkah laku orang. Good (Y)

bener bgt bang ... mksh bang

setuju bang. bemanfaat bgi sya.

brow.. saya sangat kesulitan saat seseorang yk lebih dwasa dari ane mau curhat.. masalanya dia uda punya suami. tpi sttsnya di tinggal dan tak tau kemana rimbanya pergi. sementara ane belum perna menikah.. (lajang) ntar takut jadi salah tingkah

kalo abang memang punya solusinya ya gpp bang.. tp kalo si dia emg uda puya suami ya gpp asal tetap ada batasannya bang.

thank'z juga bray
jangan lupa liat yang laen juga ye,,, (y)

Saya sring ksulitan mnguasai diri sy sndri.. Sllu mnruti kingin hati sndri. Dmpk ny org laen sllu kesal dgn skp sy.

dengan kekesalan orang lain tersebut seharusnya kita ini juga bisa introspeksi diri...
pada dasarnya, yang bisa merubah segala hal yang ada pada diri kita ini ya cuma diri kita sendiri...orang lain hanya bisa memberikan sedikit wawasan dan motivasi saja ...
dicoba aja dulu dengan niatan dari hati, bila kita ingin berubah menjadi sifat A misalnya, pelan2....pelan2 dan lama kelamaan pasti akan berubah dg sendirinya. dicoba dulu aja, ''semua berawal dari diri sendiri. diri Anda, adalah kekuasaan Anda" semoga bermanfaat.

okke bang semoga dengan membaca artikel ini kita bisa menyerap dan lebih bisa berfikir dewasa
matur thanks untuk semuanya

Seep tak cobone soko sitek...

This comment has been removed by the author.

Bermanfaat banget .. dan akan gw terapin itu

siap mbak...
moga cara berfikir dewasa dari kita bisa diterapkan baik dan berhasil baik pula untuk Anda semuanya

Salam yth
pak.. saya belum sepenuhnya mengenalin cara berpikiran yang mmendasar... jd sya mintak tips cara berpikir yg mendasar pada saat di lingkungan kerja perkantoran... dan sya harap bapak atau ibuk bersedia memberikan saya bon atau jalan copy yg bisa sya ubah di perkantoran tempat sya bekerja. Terima kasih

Pacarku asik mencintai diri sendiri. Aku merasakan dia jarang melihatku(memperhatikan secara meluas). Apa aku tidak naik pitam dibuatnya. Bgmn sikap yg pantas kuberikan utk pacarku. Terimakasih om

pertama instropeksi diri dulu,,, kenapa bisa seperti itu,,,
lalu berpikir positif,,, mungkin saja dia memang sedang ada kesibukan,,,ingat dia juga punya kehidupannya sendiri,,,
km pun harus adil,,, jangan mementingkan diri sendiri,,, km ingin di perhatikan tetapi km tdk mau memperhatikan dia seperti tdk mau tau apa dia sedang sibuk,,,
atau mungkin dari sisi negatifnya, dia udah gak sayang ma kamu.

yang paling utama, yang juga tergolong cara berfikir dewasa itu adalah Profesionalisme. jadi abang harus bisa bersikap profesional dalam bekerja, jangan sampai abang membawa masalah abang dalam pekerjaan.

kedua, Open mind..Buka diri dan pikiran terhadap kritik, saran dan ide. Hal ini bisa memperkaya pemahaman dan wawasan Anda dalam memandang persoalan atau sebuah kondisi sehingga tidak mengarah pada satu sudut pandang saja

ketiga, abaikan bila ada gosib yang tidak jelas dan belum ada faktanya.

keempat, selalu berfikir optimis.

terakhir abang harus berlatih untuk bersyukur dengan apa yang sudah abang miliki, karena bila kita tidak memiliki sifat semacam ini, pada akhirnya kita akan memiliki ambisi yang terlalu besar dan ujungnya dengan tidak sadar kita bisa dengan tidak sadar menciptakan persaingan tidak sehat dengan rekan kerja.

mungkin hanya itu, bila ada yang ingin menambahkan komentar saya persilahkan....terima kasih

Thanks gan infonya, bermanfaat banget

oce....belajar tambah dewasa gan

berarti aq blom dewasa yah
sifat aq membanggakan diri dengan kelebihan tanpa mikir ada yang kekurangan dalam diri

semua kan butuh proses brad, seperti halnya kedewasaan. tapi paling tidak dengan kita belajar introspeksi diri seperti itu, tandanya kita juga sudah berupaya untuk transisi ke dewasa :)

terimakasih,...
sya mw ubah sifat ke anak2 an saya ini,
dan sya ingin menghilngkan sifat itu
dan mulai dengan sikap yg bru,pacar sya ingin kalau sya itu brsifat dewasa,tetapi sya tnyak ke teman2 klok sya itu udh trmasuk dewasa x
bagaimana?
kasih comentar donk

Dewi_
cara berfikir orang kan berbeda, jadi tingkat kedewasaan orang juga berbeda. seperti halnya pacarnya mba.
kalo saran saya buat mba, mending mba berusaha saja untuk belajar dewasa bisa dengan refrensi artikel saya misalnya. dan selebihnya untuk hasil biar orang lain yang menilai. :)

Permisi bang. Saya mau nanya
Saya ini masih bersifat egois sombong saya selalu merendahkan orang lain caranya agar tidak berbuat lagi seperti itu kayak mana? Dijawab ya bang

kalo dari saya pribadi, sifat sombong bisa diatasi oleh diri sendiri. memulai dengan niat untuk tidak sombong. dengan cara sesekali merenung, "apakah saya bisa hidup tanpa orang lain". salah satu contohnya semacam itu. Mulailah dari hati, bener-bener niat dari hati. ingatkan pada hati untuk tidak sombong

Terima kasih atas tips yang udah di berikan, semoga Andheem akan selalu di ingat dan akan di kenang..... Sajamu tak akan di lupa!

saya skarang sdikit memahami cara berfikir dewasa,menilai seseorang dewasa tidakny..

terimakasih gan.
semoga cara berfikir dewasa ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca

Permisi mas, ini sifat saya terlalau membanggakan diri sendiri, dan selalu membicarakan hal yang saya inginkan tetapi belum tentu hal itu dapat saya capai, intinya berbicara tanpa pembuktian, mohon kritikan dan saran nya mas agar saya daapat belajar lebih dewasa lagi

Belajar untuk berfikir rendah hati bang, itu aja yang menurut saya paling penting.

sangat brmanfaat buat saya ..saya tidak ingin kehilangan org yg saya cintai cz ulah saya.. mkch

terus, apakah setiap orang kalem itu, sudah tentu dewasa? jika tidak, cara mbedainnya gimana antara orang kalem dengan orang dewasa? makasih jawabanya

Kumpulan Link

permisi bang,,
ini sy abis dputusin am pcr sy bng,,, pcr sy bilng sy itu sikapnya gk dewasa .. dn skrg dia mlih pindah kelain hati,dia pindh k hati org yg mnrt dia dewasa, mka dri itu bng sy mau jjd dewasa bwt dy bng, ya wlaupn dia dh ad yg pny, sy ttep brhrp akn cintanya ke sy, sy ingin dia mliht prubhn sy..
tp bng,,
mnrt abng sy msh ad ksemptn bwt ngmbil hati dy kmbli gk bang,, soalny sy syg bgt am dy bang ..

mohon jwbnny

Bener banget sampe pacar saya marah marah gara sikap saya blm dewasa :'(.. saya skrng bisa intropeksi diri . Makasih ya gan

Sama gan gw tdi ampir diputusi pacar saya gara kurang dewasa. Tpi kaga jdi karna kami sling sayang #maafcurhat

yang plng gak bsa sya trima kta ada tman yng cra brfkrn,pengalaman dan wawasanya jauh d bawah saya mngritk saya,itu dalam hati slalu berkta "kya loe lbih baik dari gua aje" itu sya ingn menghlangkan gmana cara menghlngkny,mohon ksediaanya untuk memberi saran

Dibiasakan saja bang berfikir kalo gimanapun bentuknya itu temen kita. Adaptasinya memang agak susah, tapi lama kelamaan juga akan terbiasa.
Toh meskipun pengalaman dan wawasan masih banyak abang belum tentu juga kan kritikannya jelek alias kritikan tak terduga gitu :)

yang lain mungkin bisa bantu juga silakan. Kalo ada jawaban lain.

Permisi bang.saya mau tanyak.
pacar saya it slalu aj blg kalau sifat .sikap n tingkah laku sya jelek.pdhlkn apa maunya saya trutin n saya lakuin. Akr2 ini kita srg brntam cmn gr2 gk bisa kau ktnya brubah. Jd bg saya mnta solusinya bg agr bisa jd romantis lg. Thanks

Gimana sih ya gan,agar kita itu bisa berfikir dewasa.. bukan seperti anak kecil lagi, kalo saya orangnya dikit2 marah.. apa sarannya gan trima kasih ya

Mulai dari niat gan..terus dicoba beberapa tips berfikir dewasa seperti diatas. intinya niat yang bener sering sharing dengan orang yang lebih dewasa. dan Ibadah.

Makasih banget kang infonya. Membantu sangat ini

sama-sama terimakasih juga sudah mampir di cara berfikir dewasa. semoga artikel ini bermanfaat dan membantu supaya lebih dewasa dan bijaksana.

This comment has been removed by a blog administrator.

Saya sering di bilang pcar sya "kamu tu blum dewasa" tpi anehnya dia sngat syang sma sya bng, mntk solusi bgaimna sya untuk menanggapinya dan kedepan ny bgaiamana solusi ny, mksih

Yang pertama ya kamu coba koreksi diri sendiri dulu, kalo emang gak ketemu ya cobalah tanya langsung. Belum dewasa bagaimana yang diinginkan. gak perlu malu, kan untuk kebaikan berdua.

Musuhnu yang pali besar adalah dirimu sendiri

Terimakasih min
Saya akan meubah sikap yang lebih dewasa lagi

Terimakasih bang, sangat membantu untuk diri saya sendiri.

Sama-sama bang, semoga bisa membantu dalam kedewasaan seseorang

Bang. Saya mau tanya. Biasanya orang yang sudah dewasa dari segi pemikiran (kan ada yg umur udah dewasa tp berpiki masih anak-anak),bagaimana cara dia menggunakan waktunya agar tidak terbuang sia-sia.

Mungkin harus banyak disupport ya, terutama dari orang-orang terdekatnya. Tetapi terkadang kendala yang paling sering menghambat yaitu pergaulannya. Intinya kita support dulu aja supaya waktunya ga hilang sia2...


EmoticonEmoticon