Cara Agar Cepat Tidur

Cara Agar Cepat Tidur
Cara yang dilakukan agar cepat tidur menurut saya sangat bervariasi. Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki kriteria yang berbeda-beda. Untuk itu disini saya memiliki beberapa tips supaya Anda yang mungkin memiliki masalah kesulitan dalam tidur bisa teratasi. Masalah tidur kalo difikir memang terasa sepele, tetapi yang perlu Anda ketahui bahwa masalah seperti ini tidak bisa disepelekan.


Tips untuk cepat tidur tidak harus meminum obat tidur. Kemungkinan besar bila menggunakan obar tidur memang menjadi solusi agar bisa cepat tidur. Tetapi hal semacam ini bisa membuat Anda menjadi kecanduan dan akibatnya bila Anda terlalu banyak menggunakan bahan kimia akan berefek pada tubuh Anda dan menjadi sebuah solusi yang tidak efektif diwaktu jangka panjang. Disini saya memiliki beberapa tips untuk bisa cepat tidur lebih cepat dan membuat Anda tidur lebih nyenyak plus pulas. Tapi sebelum saya kasih tips disini kita bahas terlebih dahulu beberapa faktor yang menjadi penyebab kita susah tidur.

- Banyak Pikiran
Faktor yang pertama ini adalah faktor yang paling sering terjadi kebanyak orang. Ingatlah otak  dan tubuh manusia memiliki jadwal tersendiri, ada waktunya untuk bekerja dan ada waktunya juga untuk beristirahat. Jadi ketika kita ingin beristirahat diusahakan untuk benar-benar istirahat dan usahakan untuk menenangkan pikiran Anda. Baca cara menangkan pikiran.

- Insomnia
Penyakit yang satu ini memang menjadi penyakit yang membuat orang galau. Banyak faktor yang memicu munculnya penyakit ini, untuk itu cobalah beberapa tips yang akan saya kasih nanti yang mungkin juga bisa menjadi penangkal penyakit insomnia.

- Tempat yang kurang nyaman
Usahakan tempat untuk beristirahat Anda itu nyaman. Tempat yang nyaman pastinya akan membuat tubuh Anda lebih relaks dan pastinya akan membuat tidur Anda lebih pulas. Dan ada juga penyebab lain yang mungkin tidak terfikirkan oleh saya.

Untuk mengatasi beberapa masalah diatas, disini saya coba berikan tips dan cara agar Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

1. Kurangi proses pikiran Anda dan tenangkan pikiran Anda untuk tujuan mengistirahatkan otak dan tubuh Anda.

2. Buatlah tempat istirahat Anda lebih nyaman. Mulai dari kasur, bantal, sampai sesuaikan warna tempat istirahat Anda supaya lebih nyaman. Intinya buat tempat istirahat yang nyaman.

3. Kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, contohnya kurangi meminum kopi.

4. Atur pola tidur Anda. Kurangi tidur siang dan jadwalah waktu tidur malam dengan teratur. Lakukan secara teratur setiap hari, Anda akan terbiasa dengan tidur yang lebih cepat dan setelah itu Anda tidak akan kesulitan dalam tidur.

5. Kurangi intesitas cahaya pada tempat tidur Anda. Kalo saya lebih mudah kalo lampu saya matikan. Gelap akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur.

6. Dengarkan musik. Dalam poin ini mungkin ada dua pilihan yang saling bertolak belakang. Ada beberapa orang yang mungkin lebih cepat tidur bila mendengarkan musik, tetapi ada juga yang sebaliknya yang memerlukan ketenangan ketika hendak tidur.

7. Latihan atur pernafasan. maksutnya, cobalah Anda melakukan pernafasan. Tarik nafas dan buang dengan santai dan buat relaks.

8. Pakailah pakaian yang longgar dan tidak kaku seperti piama (baju tidur). Dengan menggunakan baju/pakaian yang longgar Anda akan merasa nyaman ketika tidur. Dan bila Anda menggunakan baju yang ketat ataupun kaku seperti jeans, Anda akan merasa sangat tidak nyaman ketika tidur, dan ketika sudah tertidur Anda pun juga akan kesulitan dalam bergerak.

Berdoalah sebelum tidur

Mungkin beberapa tips dan cara agar cepat tidur nyenyak diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Dan apabila masih ada tips yang tidak terfikirkan oleh penulis, Anda bisa menambahkan di papan komentar dibawah ini. Saling saring bermanfaat dan positif untuk saling membantu satu sama lain. Kritik saran sangat saya harapkan dari pembaca. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

2 komentar


EmoticonEmoticon