Cara Cepat dan Efektif Berhenti Merokok

Apakah Anda adalah seorang perokok berat yang ingin berhenti dengan cara yang cepat dan efektif?. Berhenti dari kebiasaan merokok memang sangat sulit, hal ini hampir sama dengan berhenti atau lepas dari ketergantungan narkoba. Merokok itu sesungguhnya sangat tidak baik bagi kesehatan dan merupakan pembunuh yang datang secara perlahan.

Berhenti merokok dengan cepat bagi seorang perokok berat memang sangat sulit karena seorang perokok sudah merupakan suatu kebiasaan yang disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena trend yang dulunya ada sewaktu masih muda, stress karena suatu masalah, sampai karena coba-coba. Waktu yang rentan untuk menjadi perokok adalah ketika sekolah dan kuliah, karena biasanya terpancing ajakan teman atau sekedar trend. Merokok tidak memiliki manfaat sama sekali, selai merusak paru-paru rokok juga menyebabkan munculnya penyakit berbahaya lainnya karena banyak mengandung racun.


Tetapi perlu diakui bahwa stamina dan kemampuan perokok dalam menghadapi penyakit lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Hal ini disebabkan karena tubuh memiliki proteksi dan kekuatan yang lebih akibat terbiasa merokok.

  1. Niatkan dalam hati bahwa anda benar-benar ingin berhenti, ini adalah modal awal dan harga mati jika anda tidak berniat dengan sungguh-sungguh saya rasa anda bakal kembali lagi merokok
  2. Hindari hal-hal yang membuat kenyamanan merokok, misal saat senggang usahakan diisi dengan membaca karena akan memancing kita untuk merokok, saat menonton tv sediakan cemilan agar kita aktif dan tidak diam.
  3. Berhentilah secara perlahan, bila anda berhenti mendadak maka akan sangat sulit bagi Anda untuk berhenti total, karena seperti orang puasa disaat ia sudah tidak mampu menahannya lagi maka justru bisa menghabiskan berbungkus-bungkus rokok maka itu akan menjadi sia-sia. Lakukan bertahap, misal dari kebiasaan sebungkus sehari dikurangi menjadi setengah bungkus sehari, beberapa minggu kemudian kurangi lagi menjadi 2 atau 3 batang sehari, sampai akhirnya sebatang sehari, maka lama-lama anda merasa rokok itu sudah tidak enak lagi. Apabila perasaan tidak enak ini muncul, maka anda tetap masih ingin merokok hanya saja begitu anda merokok anda pasti merasa tidak nyaman sehingga terkadang belum habis sudah dimatikan, karena hasratnya ada hanya diawal saja tetapi begitu merasa anda sudah mual. Trik ini sangat efektif dan kemungkinan berhasilnya 90%, meskipun terkadang hasrat merokok itu masih ada tetapi boleh dicoba saat merokok lagi hanya mual yang ada bahkan tidak enak.
  4. Hindari lingkungan orang-orang yang merokok, jangan menerima tawaran rokok dari orang lain dan jangan berusaha berpura-pura merokok seperti misalnya mengemut pensil seolah-olah itu rokok.
  5. Lakukan olah raga secara rutin, karena tubuh begitu merasakan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatannya maka kita akan malas untuk merusak kesehatan tersebut. Hal ini yang menyebabkan mengapa para olahragawan jarang ada yang perokok.
  6. Lingkungan disekitar anda juga harus mendukung anda untuk berhenti merokok, misalnya kawan, orang tua, pacar atau istri. Maka ketika anda mencoba untuk merokok, orang-orang disekitar anda bisa mengingatkan dan bahkan melarang.
Berhenti merokok adalah awal yang bagus bagi anda untuk memperbaiki kesehatan, tidak ada kata terlambat, mulailah dari sekarang berhenti merokok untuk hidup yang lebih baik 
Semoga sedikit tips ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Followers