Cara Berfikir Dewasa


Berfikir dewasa itu memang sangat di perlukan dalam kehidupan sosial kita, bahkan dalam sebuah hubungan seperti berpacaran pun juga membutuhkan sebuah pola pikir dewasa. Tapi sebelum kita belajar untuk bagaimana cara berfikir dewasa, alangkah baiknya bila kita coba ulas terlebih dahulu apa yang di maksud dengan dewasa.
Kalau menurut saya yang dimaksud dengan dewasa itu sudah bukan merupakan sebuah proses lagi, tapi memang sudah bisa memahami diri sendiri dan memahami variasi sifat-sifat dari orang lain, selain itu juga bersikap objektif dalam memandang dan juga menilai sesuatu hal, bisa mengambil keputusan yang tepat tanpa harus merugikan orang lain dan bisa menyelesaikan apa yang menjadi masalahnya dengan baik tanpa memberikan dampak sekecil apapun. Dan dari dalam dirinya sendiri juga bisa memberikan sebuah redaman rasa ego sehingga dia bisa menguasai dirinya sendiri.  Bisa menerima suatu hal yang cukup berat dengan hati yang lapang dan bisa memberikan hasil yang sebijaksanan mungkin. Sebenarnya masih ada banyak lagi penjelasannya, tapi dari arti kata diatas Anda sendiri pasti sudah bisa menerima arti kata dari dewasa.

Sebuah kedewasaan itu tidak mengenal usia, derajat, martabat, tahta atau apapun. Kita bisa melihat sebuah kedewasaan dari beberapa hal seperti cara berfikir, cara berbicara, cara bersikap, cara bertingkah laku dan juga cara menempatkan dirinya. Dari kelima unsur tersebut orang bisa belajar menjadi orang yang dewasa, tapi dalam belajar ada juga beberapa hal yang bisa menjadi sebuah hambatan, diantaranya adalah :
Diri sendiri
Diri sendiri yang masih kurang mampu memberikan sebuah niat untuk berubah menjadi dewasa maka akan memberikan dampak yang kurang baik untuk bisa lebih cepat berkembang untuk bisa berfikir dewasa.
Lingkungan dan juga Pergaulan
Lingkungan adalah sebuah hal yang juga sangat memberikan dampak cukup besar untuk perkembangan pola pikir manusia. Katakanlah bila kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka pasti akan ikut terkena wanginya dan juga sebaliknya. Oleh karena itu apabila kita terlalu berteman dengan orang yang masih bersikap main-main atau masih terlalu berkanak-kanak’an tanpa diimbangi bergaul dengan orang yang sudah bisa berfikir dewasa maka kita juga akan mendapatkan kesulitan dalam perkembangan pola pikir kita untuk menuju ke kedewasaan.
Keluarga
Dalam hal ini yang menjadi basic atau dasar dari pola pikir manusia adalah keluarga. Cara mendidik orang tua menjadi peran yang paling penting untuk membuat sebuah pola pikir dari anak. Yang pasti ini sudah terlihat umum dan Anda juga pasti sudah tahu akan hal ini.

Anda bisa menilai orang lain adalah seorang yang sudah dewasa apabila orang tersebut sudah memiliki hal seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Tapi apabila masih ada beberapa sikap seperti di bawah ini masih ada di dalam orang tersebut, maka orang tersebut belum bisa di katakan dewasa. Hal itu adalah sebagai berikut:
·         Sifat manja, karena sifat ini memang merupakan sebuah sifat mutlak yang dimiliki oleh anak kecil.
·         Egois dan ingin menang sendiri
·         Sulit untuk menerima kritikan dari orang lain meskipun Anda belum tentu benar
·         Ingin selalu di perhatikan oleh orang lain atau selalu mencari perhatian orang
·         Belum bisa menguasai dirinya sendiri dan masih termakan emosi dan rasa egois
·         Terlalu merendahkan orang lain dan tidak mau tau dengan kekurangan orang lain
·    Terlalu membanggakan akan kelebihan dirinya tanpa sadar tidak melihat kekurangan yang ada pada dirinya

Nah sekarang kita akan belajar untuk menjadi orang dewasa, caranya memang tidak mudah, tapi kita belum tahu hasilnya bila kita belum mencobanya (ditujukan untuk orang yang memang ingin menjadi orang dewasa). Cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:
1.     Ciri yang memang paling terlihat terang adalah orang tersebut belum bisa memberikan sebuah keputusan yang terbaik. Keputusan yang baik memang bisa kita dapatkan dari sebuah pengalaman, dan bila kita belum pernah mengalaminya, maka kita sering-sering share dengan orang lain yang sudah punya banyak pengalaman dan orang tersebut sudah terlihat seperti orang dewasa.
2.    Kita belajar dari diri kita sendiri, kita bisa memulai dengan memahami sifat yang ada pada diri kita sendiri. Dengan begitu kita bisa tahu apa kekurangan kita dan juga apa kelebihan yang kita miliki. Setelah kita tahu, kita bisa memperbaikinya. Selain itu kita juga bisa belajar untuk bisa menguasai diri kita dari rasa emosi dan juga ego yang ada pada diri kita. Dan cara yang paling mudah adalah dengan belajar menerima diri sendiri dengan apa adanya, dengan berfikir seperti itu kita akan memiliki perasaan yang lama kelamaan akan sedikit kalem dan akan berdampak pada sifat rendah hati.

Mungkin dari kedua hal tesebut Anda bisa menerima apa yang saya maksutkan. Dan yang terakhir Anda bisa belajar dengan lingkungan dan orang di sekitar Anda. Karena orang lainlah yang bisa menilai bagaimana keadaan Anda. Cobalah bertanya pada diri Anda seberapa penting kedewasaan itu dan sudahkah Anda ingin menjadi orang yang dewasa .... !!! belajarlah dari diri sendiri dan orang lain ...
Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda ... sekian tips cara berfikir dewasa Versi Andheem .. bila ada kritik saran silahkan komen di tempat yang sudah kami sediakan di bawah ... kritik saran Anda sangat berguna untuk saya .... Mathur nuwun ....

36 komentar:

firman saputra mengatakan...

dapat di terima dengan baik.
terima kasih

afif mengatakan...

wokey ... sama-sama ...

Ade jack NKB mengatakan...

I like it,, 100 % dari situ kita bisa koreksi diri sendiri dan menilai sifat tingkah laku orang. Good (Y)

afif mengatakan...

bener bgt bang ... mksh bang

Suport AB.COM mengatakan...

encepne mas nek mikir, wkwkwkwk
Agen Taruhan Bola

Dani Komar mengatakan...

setuju bang. bemanfaat bgi sya.

afif mengatakan...

wokey seppp
tanks bro...

Akhmad Fauzi mengatakan...

ok!

wulan della mengatakan...

ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ

afif mengatakan...

sepppp
sama-sama gan...

Jhoe Cllu mengatakan...

brow.. saya sangat kesulitan saat seseorang yk lebih dwasa dari ane mau curhat.. masalanya dia uda punya suami. tpi sttsnya di tinggal dan tak tau kemana rimbanya pergi. sementara ane belum perna menikah.. (lajang) ntar takut jadi salah tingkah

afif mengatakan...

kalo abang memang punya solusinya ya gpp bang.. tp kalo si dia emg uda puya suami ya gpp asal tetap ada batasannya bang.

Yobel Senju mengatakan...

:) bague nch..

afif mengatakan...

thank' yue bray :D

wandi relliansyah mengatakan...

Like tpis nya (y)

afif mengatakan...

thank'z juga bray
jangan lupa liat yang laen juga ye,,, (y)

raudatul adawiyah mengatakan...

Saya sring ksulitan mnguasai diri sy sndri.. Sllu mnruti kingin hati sndri. Dmpk ny org laen sllu kesal dgn skp sy.

afif mengatakan...

dengan kekesalan orang lain tersebut seharusnya kita ini juga bisa introspeksi diri...
pada dasarnya, yang bisa merubah segala hal yang ada pada diri kita ini ya cuma diri kita sendiri...orang lain hanya bisa memberikan sedikit wawasan dan motivasi saja ...
dicoba aja dulu dengan niatan dari hati, bila kita ingin berubah menjadi sifat A misalnya, pelan2....pelan2 dan lama kelamaan pasti akan berubah dg sendirinya. dicoba dulu aja, ''semua berawal dari diri sendiri. diri Anda, adalah kekuasaan Anda" semoga bermanfaat.

Ilyas Firmansyah mengatakan...

Siip.

afif mengatakan...

makasih ndan... (y)

Ndra tobing mengatakan...

Sip ok bgt

afif mengatakan...

okke bang semoga dengan membaca artikel ini kita bisa menyerap dan lebih bisa berfikir dewasa
matur thanks untuk semuanya

wahyu tuone mengatakan...

Seep tak cobone soko sitek...

afif mengatakan...

monggo kerso kang... :)

desi nurfauziah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
desi nurfauziah mengatakan...

Bermanfaat banget .. dan akan gw terapin itu

afif mengatakan...

siap mbak...
moga cara berfikir dewasa dari kita bisa diterapkan baik dan berhasil baik pula untuk Anda semuanya

tombus simanjuntak mengatakan...

Salam yth
pak.. saya belum sepenuhnya mengenalin cara berpikiran yang mmendasar... jd sya mintak tips cara berpikir yg mendasar pada saat di lingkungan kerja perkantoran... dan sya harap bapak atau ibuk bersedia memberikan saya bon atau jalan copy yg bisa sya ubah di perkantoran tempat sya bekerja. Terima kasih

Dame Sitorus mengatakan...

Pacarku asik mencintai diri sendiri. Aku merasakan dia jarang melihatku(memperhatikan secara meluas). Apa aku tidak naik pitam dibuatnya. Bgmn sikap yg pantas kuberikan utk pacarku. Terimakasih om

afif mengatakan...

pertama instropeksi diri dulu,,, kenapa bisa seperti itu,,,
lalu berpikir positif,,, mungkin saja dia memang sedang ada kesibukan,,,ingat dia juga punya kehidupannya sendiri,,,
km pun harus adil,,, jangan mementingkan diri sendiri,,, km ingin di perhatikan tetapi km tdk mau memperhatikan dia seperti tdk mau tau apa dia sedang sibuk,,,
atau mungkin dari sisi negatifnya, dia udah gak sayang ma kamu.

afif mengatakan...

yang paling utama, yang juga tergolong cara berfikir dewasa itu adalah Profesionalisme. jadi abang harus bisa bersikap profesional dalam bekerja, jangan sampai abang membawa masalah abang dalam pekerjaan.

kedua, Open mind..Buka diri dan pikiran terhadap kritik, saran dan ide. Hal ini bisa memperkaya pemahaman dan wawasan Anda dalam memandang persoalan atau sebuah kondisi sehingga tidak mengarah pada satu sudut pandang saja

ketiga, abaikan bila ada gosib yang tidak jelas dan belum ada faktanya.

keempat, selalu berfikir optimis.

terakhir abang harus berlatih untuk bersyukur dengan apa yang sudah abang miliki, karena bila kita tidak memiliki sifat semacam ini, pada akhirnya kita akan memiliki ambisi yang terlalu besar dan ujungnya dengan tidak sadar kita bisa dengan tidak sadar menciptakan persaingan tidak sehat dengan rekan kerja.

mungkin hanya itu, bila ada yang ingin menambahkan komentar saya persilahkan....terima kasih

johan costeen mengatakan...

Thanks gan infonya, bermanfaat banget

afif mengatakan...

oce....belajar tambah dewasa gan

Orient Hia mengatakan...

berarti aq blom dewasa yah
sifat aq membanggakan diri dengan kelebihan tanpa mikir ada yang kekurangan dalam diri

afif mengatakan...

semua kan butuh proses brad, seperti halnya kedewasaan. tapi paling tidak dengan kita belajar introspeksi diri seperti itu, tandanya kita juga sudah berupaya untuk transisi ke dewasa :)

dewi alovers mengatakan...

terimakasih,...
sya mw ubah sifat ke anak2 an saya ini,
dan sya ingin menghilngkan sifat itu
dan mulai dengan sikap yg bru,pacar sya ingin kalau sya itu brsifat dewasa,tetapi sya tnyak ke teman2 klok sya itu udh trmasuk dewasa x
bagaimana?
kasih comentar donk

Poskan Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto Saya
madiun, jawa timur, Indonesia
anda tak perlu takut akan kehadiran saya karna saya bukanlah makhluk yang menggigit atau pun menyeramkan. u/ lebih lanjut cari sendiri..hahaha