Belajar Mencintai Diri Sendiri


Belajar mencintai diri sendiri merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan masing-masing umat. Tapi tak banyak orang yang mengerti tentang hal semacam ini. Banyak dari mereka yang tak bisa memberikan yang terbaik untuk dirinya. Pada dasarnya sebelum orang menghargai orang lain, mereka harus bisa menghargai dirinya sendiri terlebih dahulu. Aktifitas, cara berfikir dan juga banyak hal lain lagi yang sangat mempengaruhinya. Yang paling sering terjadi adalah dari kalangan anak muda atau anak remaja sekarang ini.  Belum tentu orang yang sudah berumur bisa menghargai dirinya sendiri.

Belajar mencintai diri sendiri atau menghargai diri sendiri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Katakanlah anak sekarang yang sedang mengalami masa puber. Seperti halnya saat mereka kasmaran, mereka akan melakukan apa saja untuk bisa membahagiakan orang yang dicintainya meski sebenarnya malah memberikan hal yang tidak imbang. Memberikan hal yang lebih untuk orang lain dan tidak memikirkan dirinya sendiri. Bahkan ada juga yang sangat tidak imbang dengan apa yang dirinya dapat.  Untuk itu belajar mengenali dirinya sendiri itu lebih penting di bandingkan dengan apapun.  Karena sebenarnya diri kita sendiri sangat berharga di bandingkan dengan apapun juga.

Disini saya ingin sedikit sharing masalah kehidupan khususnya untuk belajar mencintai diri sendiri. Berikut beberapa hal yang menurut saya bisa berhubungan dengan diri kita:

Memberikan hal yang terbaik untuk diri kita sendiri
Jangan hanya kepada orang lain kita memberikan perhatian, diri kita juga memerlukan perhatian yang khusus sebelum kita memberikan perhatian kita kepada orang lain. Seperti halnya kita jaga kesehatan tubuh kita, jangan terlalu memaksakan sesuatu yang bisa mengganggu kesehatan kita, dan merawatnya juga. Jangan hanya kepada orang yang kita sayang saja kita berikan perhatian.

Maafkan diri Anda
Anda tak perlu terlalu keras mendidik tubuh Anda. Apalagi mendidik masalah perasaan Anda, terkadang perihal masalah perasaan itu lebih pedih di bandingkan dengan fisik tubuh Anda.  Maka dari itu Anda juga harus pandai bisa menjaga perasaan Anda sendiri.  Seperti halnya Anda memiliki kesalahan yang telah Anda sadari dan Anda menyakiti diri Anda sendiri (jangan sampai) maafkanlah saja demi kedepannya.

Belajar mengenali diri Anda
Anda harus terus belajar mengenali karakter Anda, jangan sampai Anda menjadi orang lain. Apalagi seperti sekarang banyak sekali orang berubah 1800 untuk bisa dekat dengan orang, jadilah apa adanya Diri Anda.

Selain itu Anda juga bisa belajar dengan orang lain yang cukup bisa memberikan ilmu kepada Anda (Sharing masalah yang berhubungan dengan hal semacam ini). Mungkin dengan artikel semacam ini kita semua bisa mengerti dan memberikan hal yang terbaik untuk diri sendiri. Selain itu jika Anda punya pendapat lain Anda bisa menambahkan kritik saran dan komentar Anda di dalam kotak komentar di bawah ini. Semoga postingan tentang Belajar mencintai diri sendiri ini bisa menjadi manfaat untuk saya, Anda dan kita semuanya agar bisa menjadi insan yang lebih baik...amin

0 komentar:

Post a Comment

Followers